Sabtu, 18 September 2010

Sejarah

Forum Petani Puja Kesuma Melayu Deli (FPPKMD) dideklarasikan di Desa Selemak, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, pada tanggal 27 Juni 2008. akan tetapi sejarahnya dapat dirunut sejak tahun 2004, saat mulai petani dan buruh tani mengalami kelangkaan pupuk dan tidak memiliki lahan dalam arti kata selama ini sebagai bruruh tani, maka terus dilakukan perjuangan untuk petani agar memiliki lahan dalam meningkatkan produktivitas hasil petani dalam memenuhi kebutuhan kelayakan hidup.

Kelahiran FPPKMD dibidani oleh para buruh tani, yang kemudian demi maksud membuka ruang bagi berbagai kalangan tani paliwija sampai buruh tani pangan yang menggrap isu pengelolaan lahan pertanian berbasiskan pengolahan sampah yang menghasilkan produktivitas hasil tani organik.



Dinamika perkembangan selama ini terus bergulir, kemudian mendorong keinginan untuk membuat forum atau serikat untuk dijadikan gerakan bersama dalam mensukseskan Program Nasional ketahanan Pangan, disi lain ada dinamika dan gairah yang tinggi dikalangan basis tani dan para pedampingnya untuk lebih aktif mendorong dibuatnya akta pendirian barbadan hukum, untuk dapat dijadikan kekuatan didalam penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi petai dan buruh tani sebagai basis ketahanan pangan. Untuk pertama kali disepakati pada pertemuan secara demokratis pada tanggal 06 juli 2008 membuat Anggaran Dasar yang diterbitkan akta pendirian dengan No. 12 , Tanggal 11 Juli 2008 dihadapan Notaris Emmy Wilis, SH yang berkantor dan berkedudukan di pengadilan negeri medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penggemar Peduli Pertanian Organik